Lima Dampak dari Gaya Hidup Sehat

Kita bagi informasi - Anda tahu bahwa gaya hidup sehat dapat dilakukan dari cara makan yang baik, berolahraga dan menghindari zat-zat berbahaya, tetapi apakah Anda pernah berpikir pentingnya gaya hidup sehat ?

Gaya hidup sehat merupakan kebiasaan/perilaku yang dapat menguntungkan kesehatan bagi fisik, mental, emosional dan membuat anda merasa lebih baik, gaya hidup sehat memang sulit untuk dilakukan karena membutuhkan perubahan pada pola pikir dan kebiasaan Anda sehari-hari.

Tetapi, jika Anda bersedia berkorban untuk kesehatan tubuh, Anda akan merasakan hal-hal yang dampaknya dapat terasa, dampak yang didapat dari gaya hidup sehat tidak memandang usia, jenis kelamin, atau kemampuan fisik Anda. Berikut Enam Dampak Gaya Hidup Sehat :



1. Menjaga Berat Badan


Makan yang benar dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda menghindari kenaikan berat badan berlebih, serta menjaga berat badan yang sehat. Menurut Mayo Clinic, secara fisik sangat penting untuk mencapai berat badan yang ideal. Bahkan jika Anda tidak mencoba untuk menjaga berat badan, manfaatnya dapat terasa seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan energi pada tubuh Anda.

Rencanakan setidaknya 150 menit berolahraga ringan setiap hari. Jika Anda tidak dapat mempunyai waktu untuk berolahraga, Anda dapat melakukannya dengan meningkatkan aktivitas sepanjang hari. Sebagai contoh, cobalah berjalan bukannya mengemudi, naik tangga bukan naik lift.

Makan yang seimbang dan diet kalori yang dikelola, juga dapat membantu menjaga berat badan. Ketika Anda memulai dengan sarapan yang sehat Anda menghindari terlalu lapar pada siang hari.

Selain itu melewatkan sarapan dapat meningkatkan gula darah, serta meningkatkan penyimpanan lemak. Menggabungkan setidaknya lima porsi buah dan sayuran dalam diet Anda per hari. Makanan-makanan yang rendah kalori dan tinggi nutrisi, membantu mengontrol berat badan. batasi konsumsi minuman manis, seperti soda dan jus buah serta memilih daging tanpa lemak seperti ikan dan kalkum.

2. Meningkatkan Suasana Hati


Mengistirahatkan tubuh Anda sehingga pikiran Anda tidak stres dengan masalah yang ada. The Mayo Clinic mencatat aktivitas fisik meransang produksi endorfin. Endorfin adalah zat kimia otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai. Makan makanan yang sehat serta berolahgara dapat menyebabkan tubuh terasa lebih baik. Anda akan merasa lebih baik pada penampilan Anda, yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri, manfaat jangka pendek yang didapat adalah penurunan stres dan fungsi kognitif yang lebih baik.

Ini bukan hanya diet dan olahraga yang mengarah ke perbaikan suasana hati. Kebiasaan sehat yang mengerah ke kesehatan mental yang lebih baik adalah membuat hubungan sosial. Apakah itu sukarela, bergabung ke klub, atau menghadiri film, dan kegiatan komunal lainya, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan berpikir positif. Jangan mengisolasi diri, menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman secara teratur, jika ada jarak fisik antara Anda dan orang yang dicintai pergunakanlah teknologi untuk tetap terhubung. Mengangkat telepon atau mulai video chat.

3. Memerangi Penyakit


Kebiasaan sehat membantu mencegah terserangnya penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi, jika Anda merawat diri sendiri dengan gaya hidup sehat Anda dapat menjaga kolesterol, dan tekanan darah dalam kisaran yang aman. Hal ini membuat darah Anda mengalir lancar dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Berolahraga secara teratur dan diet yang tepat juga dapat mencegah atau mebantu Anda mengelola berbagai masalah kesehatan yang ada, termasuk :

  • Sindrom metabolik
  • Diabetes
  • Depresi
  • Jenis kanker tertentu
  • Radang sendi

Pastikan Anda menjadwalkan pemeriksaan fisik setiap tahun. Dokter Anda akan memeriksa berat badan, detak jantung, dan tekanan darah Anda, serta mengambil urin dan darah sampel. Pemeriksaan ini dapat menjelaskan tentang kesehatan Anda. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan Dokter dan mendengarkan setiap rekomendasi yang diberikan, untuk kebaikan kesehatan tubuh Anda.

4. Meningkatkan Energi


Kita semua pernah mengalami perasaan lesu setelah makan terlalu banyak, ketika Anda makan makanan yang bergizi seimbang tubuh Anda akan menerima bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengelola tingkat energi Anda, Diet sehat meliputi :

  • Biji-bijian
  • Daging tanpa lemak
  • Produk susu rendah lemak
  • Buah
  • Sayuran

Berolahraga secara teratur juga meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan Anda lebih banyak energi, kata Mayo Clinic, berolahraga membantu memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan mendapatkan sistem kardiovaskular Anda bekerja lebih efesien sehingga Anda memiliki lebih banyak energi untuk kegiatan Anda sehari-hari. Hal ini juga membantu meningkatkan energi dengna tidur malam yang baik. Ini akan membantu Anda terdiri lebih cepat dan mendapatkan tidur yang lebih dalam.

Kurang tidur dapat memicu berbagai masalah, selain merasa lelah dan lesu, Anda juga mungkin merasa mudah tersinggung dan murung. Terlebih lagi kualitas tidur yang buruk mungkin mengakibatkan tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, dan juga dapat menurunkan harapan hidup Anda. Untuk meningkatkan kualitas tidur, tetap berpegang pada jadwal di mana Anda bangun dan pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam. Mengurangi asupan kafein membatasi tidur siang dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Matikan lampu dan televisi dan mempertahankan suhu ruangan yang dingin.

5. Meningkatkan Umur Panjang


Ketika Anda melatih gaya hidup sehat, anda meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama, American Council On Exercise melaporkan pada studi delapan tahun dari 13.000 orang studi ini menunjukkan bahwa orang-orang yang berjalan hanya 30 menit setiap hari secara signifikan mengurangi peluang mereka mati muda, dibandingkan dengna mereka yang jarang berolahraga. Luangkan lebih banyak waktu dengan orang yang dicintai agar anda punya alasan yang cukup untuk terus hidup lebih baik. Mulailah dengan berjalan lima menit pendek dan secara bertahap tingkatkan waktunya sampai anda dapat berjalan dalam setiap hari selama 30 menit.

Kebiasaan buruk yang sulit untuk istirahat, tetapi sekali Anda mengadopsi gaya hidup sehat Anda tidak akan menyesali keputusan ini kebiasaan sehat mengurangi risiko penyakit tertentu , meningkatkan penampilan fisik dan kesehatan mental, serta memberikan tingkat energi yang dibutuhkan tubuh. Anda tidak akan mengubah pola pikir dan perilaku dalam semalam, jadi bersabarlah dan lakukan secara konsisten dan bertahap. Demikian yang bisa kita sampaikan semoga informasi mengenai dampak dari gaya hidup sehat ini dapat bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Dampak dari Gaya Hidup Sehat"

Post a Comment