Sebelas Manfaat Mengejutkan Dari Tidur Malam Yang Berkualitas

Kita bagi informasi - Tidur merupakan salah satu aktivitas manusia untuk beristirahat dari kesehariannya, tidur dapat menyehatkan, menyegarkan dan membuat badan terasa lebih baik. Tidur merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat.

Berbagai manfaat didapat dari tidur, seperti menyehatkan jantung, menjaga berat badan, menyehatkan pikiran, mencegah mata panda dan masih banyak lagi keuntungan yang mengejutkan lainya. 

Walaupun banyak manfaat yang mengejutkan dari tidur, kita perlu menyadari waktu yang cukup untuk tidur, karena tidur terlalu lama dapat menyebabkan kesehatan kita menjadi tidak baik, alhasil manfaat dari tidur tidak dapat kita rasakan. Berikut ulasan mengenai sebelas manfaat yang mengejutkan dari tidur :


1. Memperkuat Ingatan


Selama tidur anda dapat memperkuat ingatan ataupun hal yang dilakukan saat anda dalam kondisi terjaga (disebut juga proses konsolidasi). Saat anda belajar sesuatu, baik itu belajar secara fisik maupun mental, anda hanya dapat belajar pada satu titik tertentu, tetapi ketika anda sedang tidur kemampuan belajar anda akan menjadi lebih baik.

Dengan kata lain jika anda mencoba belajar sesuatu yang baru seperti bahasa yang baru atau jenis-jenis olahraga yang dilakukan, anda akan tampil lebih baik setelah anda tidur.

2. Hidup Lebih Lama


Terlalu banyak tidur atau terlalu sedikit tidur, dikaitkan dengan pendeknya umur, meskipun demikian tidak jelas apakah itu penyebab atau efeknya. (Penyakit dapat mempengaruhi pola tidur juga). Dalam penelitian di tahun 2010 perempuan berusia 50 tahun sampai 79 tahun, lebih banyak kematian terjadi pada wanita yang mendapat kurang dari lima jam atau lebih dari enam setengah jam tidur per malam.

Tidur juga dapat mempengaruhi kualitas hidup, banyak hal yang kita anggap remeh dipengaruhi oleh tidur, jika anda tidur lebih baik anda pasti bisa hidup lebih baik.

3. Masalah Peradangan


Peradangan dikaitkan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa penuaan dini terjadi pada orang yang kurang tidur dari enam jam atau terlalu malam, sehingga tingkat darah akan menjadi lebih tinggi dari protein inflamasi.

Sebuah penelitian tahun 2010 menemukan bahwa protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang-orang yang punya enam atau lebih sedikit jam tidur malam Orang yang mempunyai Imsomnia dapat memiliki peningkatan tekanan darah dan peradangan dengan gangguan tidur.

4. Memacu Kreatifitas


Selain memperkuat ingatan otak anda muncul untuk membenahi dan merestrukturisasi, sehingga membuat anda lebih kreatif. Para peneliti di Universitas Harvard dan Boston College menemukan bahwa orang yang tidur cukup dan baik akan membantu memicu kreatifitas.

5. Menjadi Pemenang


Jika anda seorang atlet, mungkin ada satu cara sederhana untuk meningkatkan kinerja anda. Penelitian dari Universitas Stanford menemukan bahwa sepak bola perguruan tinggi yang mencoba untuk membuat pemain-pemainnya tidur  malam sepuluh jam selama tujuh sampai delaman minggu, dapat membuat kelelahan pada siang hari berkurang, dan membuat stamina menjadi lebih baik.

6. Meningkatkan Nilai Akademik


anak - anak antara usia sepuluh sampai dengan enam belas tahun, pada saat usia tersebut ketika tidur diiringi dengan dengkuran, imsomnia, dan jenis - jenis pernapasan terganggu lainya saat tidur, dapat mengakibatkan berkurangnya perhatian dan proses belajar. Menurut penelitian hal ini bisa mengakibatkan kerusakan fungsional yang signifikan di sekolah.

Dalam penelitian lain, mahasiswa yang tidak mendapatkan cukup tidur memiliki nilai lebih buruk daripada mereka yang cukup tidur. Jika anda mencoba untuk memenuhi deadline pekerjaan atau tugas sekolah anda, yang dapat mengorbankan waktu tidur, padahal anda sedang mencoba menggangu waktu belajar anda.

7. Mempertajam Perhatian


Kurang tidur menyebabkan berkurangnya perhatian pada anak-anak sementara kurang tidur pada orang dewasa menyebabkan rasa kantuk pada siang hari.

Sebuah penelitian pada tahun 2009 menemukan bahwa anak-anak di usia tujuh dan delapan tahun yang memiliki waktu tidur malam yang cukup, waktu tidur yang kurang dari delapan jam, lebih mungkin untuk menjadi hiperaktif, lalai dan impulsif.

8. Memiliki Berat Badan Yang Sehat


Jika anda merencanakan diet pada tubuh anda, mungkin anda dapat mengawalinya dengan merencanakan waktu tidur lebih awal. Para peneliti di University of Chicago menemukan bahwa diet yang baik adalah beristirahat, yang dapat menghilangkan lemak sebanyak 56%.

9. Mencegah Stres


Ketika datang stres kesehatan dan tidur dapat terganggu, serta mempengaruhi kesehatan jantung. Tidur pasti dapat mengurangi tingkat stres yang dialami, dan dengan itu orang dapat memiliki kontrol terhadap tubuhnya menjadi lebih baik. Tingkat efek tidur yang mengakibatkan kolesterol memainkan peran penting dalam penyakit jantung

10. Menghindari Kecelakaan


The Highway Traffic Safety Administration Nasional melaporkan pada tahun 2009 bahwa tubuh yang sedang lelah karena kekurangan tidur menyumbang angka tertinggi pada kecelakaan tunggul di jalan. Bahkan lebih banyak dari kecelakaan yang disebabkan oleh konsumsi alkohol.

Rasa kantuk terlalu diremehkan kebanyakan orang. Padahal sulit tidur mempengaruhi waktu reaksi dan pengambilan keputusan.

11. Menghindari Depresi


Tidur berarti Membuat pikiran kita berpikir positif dan tidak mudah marah, karena kurangnya tidur menyebabkan depresi. Tidur malam yang baik benar-benar dapat membantu orang-orang yang sedang dalam keadaan cemas, menjadi terkendali. Tidur itu merupakan proses keseimbangan antara beraktifitas dan beristirahat.


Tidur malam yang cukup menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan, karena selain memiliki banyak manfaatnya, tidur yang cukup dapat menyeimbangkan aktifitas dan istirahat. Demikian yang bisa kita sampaikan, semoga informasi mengenai manfaat dari tidur malam yang baik dapat memberikan manfaat dan wawasan anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebelas Manfaat Mengejutkan Dari Tidur Malam Yang Berkualitas"

Post a Comment