4 Fakta Tentang Film Penghianatan G30S/PKI

Kita Bagi Informasi - Tanggal 30 September merupakan tanggal yang harus Kita ingat sebagai suatu proses dalam sejarah Indonesia. Dimana dalam sejarah dituliskan sebagai G 30S PKI atau Gerakan 30 September.

Dari sejarah G30S/PKI ini kemudian dibuatlah sebuah film berjudul 'Penghianatan G30S/PKI' yang digarap oleh Arifin C Noer, Film tersebut berdurasi selama 3 Jam 37 Menit dan menghabiskan anggaran sebanyak Rp. 800 Juta.

Film tersebut kemudian diputar disalah satu stasiun televisi kala itu, setiap tanggal 30 september film tersebut di putar pada pukul 10.00 WIB, kala itu film ini sangat populer sampai - sampai dialog seperti 'Darah Itu Merah Jendral' menjadi suatu hal yang sering disebut orang - orang. Ternyata terdapat empat fakta yang menarik untuk disampaikan tentang film penghianatan G30S/PKI ini, berikut ulasannya :


1. Sebagai Tontonan yang Wajib


Pada masa orde baru saat itu film penghianatan G30S/PKI ini mulai ditayangkan, menjadi tontonan wajib setiap tanggal 30 september, yang di tayangkan di salah satu stasiun TV, yang merupakan salah satunya TV resmi di Indonesia dan kemudian diikuti TV swasta lainya.

2. Film Ini Menarik Perhatian Presiden Orde Baru


Nugoroho Notosusanto adalah sosok dibalik terciptanya film ini, beliau bekerja sebagai produser. Kala itu film ini menjadi pusat perhatian bagi Presiden Orde baru, karena beliau terlibat dalam operasi penumpasan PKI, sehingga beliau merasa film ini layak dipertontonkan khalayak ramai.

3. Kritikan Pertamanya 6 Tahun Setelah Tayang


Setelah enam tahun film ini ditayangkan ke ranah publik, barulah film ini mendapatkan kritikan pertamanya. Kritikan tersebut berasal dari akun tanpa nama yang muncul dari sebuah milis, dimana pada akun tersebut mempertanyakan kekejaman yang ditampilkan terhadap para jenderal.

4. Menonjolkan Kesedihan


Dimenit - menit terakhir kemudian muncul klimaks pada film ini, dimana film ini mulai menampakkan kesadisannya, banyak darah yang diperlihatkan dalam setiap adegan, dimulai dari ditembaknya Jenderal Ahmad Yani sampai pada tetesan darah dari tubuh Ade Irma Nasution.

Mungkin itu saja yang bisa Kita sampaikan semoga informasi mengenai empat fakta tentang film penghianatan G30S/PKI ini dapat menambah wawasan Kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Fakta Tentang Film Penghianatan G30S/PKI"

Post a Comment