6 Fakta Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara

Kita Bagi Informasi - Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar umat Islam diseluruh Dunia, tidak hanya di Indonesia, umat Islam di seluruh Dunia pun merayakannya dengan penuh suka cita, setelah sholat Idul Adha umumnya langsung melanjutkan berkurban hewan dan membagikan dagingnya ke masyarakat yang kurang mampu.

Hewan - hewan yang dapat dikurbankan seperti sapi, domba, kambing, kerbau, dan unta. Umumnya untuk di Indonesia sendiri hewan yang dikurbankan, seperti sapi, domba, kambing dan kerbau, karena untuk unta masih kurang banyak di ternakan di Indonesia.

Selain berkurban hewan, terdapat fakta - fakta unik yang dilakukan umat Islam diseluruh dunia, seperti di Pakistan yang meliburkan seluruh aktivitas pekerjaan dan pendidikan selama 4 hari dalam menyambut hari raya Idul Adha ini. Berikut ulasan mengenai 6 fakta unik perayaan Idul Adha di Berbagai Negara :


1. Arab Saudi


Berbeda dengan Indonesia, hari raya Idul Adha justru merupakan hari raya terbesar di negara ini, karena selain berkurban hari raya Idul Adha merupakan puncak ibadah Haji bagi seluruh Umat Islam yang melaksanakannya. Kerajaan Arab Saudi disibukan dengan pemotongan hewan kurban yang akan di bagikan ke negara - negara Islam yang kekurangan, terutama di kawasan Asia dan Afrika.

Agar pembagian hewan kurban dapat dilakukan secara merata dan mencapai sasaran, jutaan kilogram daging ini kemudian dibekukan dan dikirimkan melalui kontainer yang diangkut oleh kapal laut dan pesawat terbang.

2. Bangladesh


Di Negara ini, sebetulnya tradisi yang dilakukan dalam menyambut Idul Adha hampir sama dengan tradisi berbagai negara muslim lainya, Namun, di Negara ini hewan - hewan kurban diperhatikan secara ketat.

Seperti kesehatan dan usia dari hewan kurban, sangat diperhatikan oleh para ahli yang langsung meninjaunya. Dalam perayaan Idul Adha Bangladesh meliburkan aktivitas pekerjaan dan pendidikan selama 3 hari.

3. Cina


Di Cina lelaki dan wanita tidak bersama - sama dalam melakukan sholat Idul Adha, hanya lelaki yang beramai - ramai pergi sholat Idul Adha di masjid, sedangkan wanita dilarang sholat Idul Adha di Masjid.

Takbiran di Cina biasaya dilakukan sambil membakar Hio, tradisi ini merupakan tradisi yang dilakukan umat Islam di Cina, para jemaah membawa Hio yang terbakar ke dalam Masjid kemudian menancapkannya ke mangkok tempat Hio, hal ini dilakukan sebelum ceramah sholat Idul Adha dimulai.

4. Maroko


Libur Idul Adha berlangsung selama 3 hari, tidak banyak perbedaan seperti yang dilakukan Umat Islam di Indonesia, masyarakat Muslim di Maroko pergi ke Masjid untuk melaksanakan Sholat Idul Adha dan kemudian melakukan proses penyembelihan hewan kurban lalu membagikannya ke masyarakat yang kurang mampu.

5. Mesir


Perayaan Idul Adha di Mesir ditandai dengan libur panjang yang berlangsung selama 3 hari, seperti halnya setelah Sholat Idul Fitri, umat Islam di Mesir kemudian bermaaf - maafan, setelah itu proses pembagian hewan kurban umumnya dilakukan oleh sebuah LSM setempat.

6. Pakistan


Berbeda dengan kebanyakan negara lain yang libur selama 3 hari, di Pakistan libur Idul Adha berlangsung selama 4 hari, pada perayaan ini toko - toko ditutup dan masyarakat berkonsentrasi pada kegiatan - kegiatan di masjid sejak pagi hari.

Seperti halnya di Negara Indonesia, di Pakistan proses penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh warga setempat, dan dibagikan ke masyarakat yang kurang mampu.


Mungkin itu saja yang bisa Kita sampaikan, semoga informasi mengenai 6 fakta unik perayaan Idul Adha di berbagai Negara dapat menambah wawasan Anda sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Fakta Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara"

Post a Comment