6 Kebakaran Hutan Terbesar dalam Sejarah Dunia

Kita Bagi Informasi - Kebakaran adalah salah satu bencana yang sering terjadi, kebakaran dapat terjadi oleh sebab manusia atau faktor alam. Kebakaran dapat menyebabkan asap tebal yang dapat menggangu penglihatan serta udara menjadi tercemar.

Dari faktor manusia atau alam, ternyata kebakajaran yang saat ini sering terjadi banyak disebabkan oleh kelalain manusia, contohnya seperti membuang puntung rokok sembarangan yang akhirnya merembet dan membesar kemanana - mana.

Faktor seperti membakar sampah sembarangan, ataupun membakar hutan yang sengaja dibakar oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab, merupakan sebagian faktor yang menyebabkan hutan terbakar, contohnya tahun lalu kebakaran hutan terjadi didaerah Kalimantan yang menyebabkan jutaan pohon terbakar dan asapnya sampai ke negara tetangga.


Ternyata kebakaran hutan tidak hanya terjadi di Indonesia, kebakaran pun terjadi dibelahan dunia lainya, berikut ulasannya :

1. Kebakaran Hutan di Kalimantan (Indonesia)


Tahun 1982 sampai dengan 1983 terjadi kemarau panjang di Indonesia terutama di provinsi kalimantan, kemarau panjang tersebut menyebabkan bencana kebakaran hutan yang membakar 3,2 juta lahan hutan musnah, kerugian mencapai lebih dari 6 triliun.

2. Kebakaran Hutan di Chelan (Oregon)


Oregon merupakan negara bagian Amerika, sebetulnya api semula berasal dari kilat di Chelan namun, terus meluas sampai Arizona, karena api meluas petugas pemadam pun dikerahkan sebanyak 30 ribu orang, tercatat 2.9 juta hektar wilayah terbakar, selain hutan yang terbakar ditemukan 41.194 titik api dan menghanguskan 1.074 bangunan.

3. Kebakaran Hutan di Thumb (Michigan)


Tanggal 5 September tahun 1881, daerah Michigan tepatnya di Thumb yang berada di Amerika Serikat, terjadi kebakaran hutan yang menyebabkan lebih dari satu juta hektar lahan terbakar, faktor utama yang menyebabkan kebakaran ini karena kekeringan yang melanda ditambah hembusan angin, panas dan kerusakan ekologi yang timbul akibat penebangan.

4. Kebakaran Hutan di Peshtigo (Wisconsin)


Pada tanggal 8 Oktober 1871 terjadi kebakaran hutan di wilayah peshtigo, Wisconsin, Negara Amerika Serikat, kebakaran tersebut menyebabkan hangusnya 3,5 juta hektar lahan. dan menewaskan sedikitnya 2.500 orang di Wisconsin.

5. Kebakaran Hutan di Cloquet (Minnesota)


Bulan Oktober tahun 1918 terjadi kebakaran hutan di wilayah Cloquet bagian utara Minnesota. Terjadi akibat percikan api dari rel kereta api yang saat itu kondisi wilayahnya kering. Terdapat 453 korban jiwa yang meninggal dan sebanyak 52.000 orang terluka dan mengungsi, 38 komunitas hancur, serta menghanguskan 250.000 hektar lahan, kerugian yang didapat dari bencana ini sebesar $73.000.000 Amerika.

6. Kebakaran Hutan di Laguna (California)


Bulan September merupakan bulan penghujung kemarau, pada tahun 1970 terjadi kebakaran hutan di wilayah Laguna, California, yang menghanguskan 175.000 hektar lahan hutan dan 400 bangunan rusak berat atau hancur.

Mungkin itu saja yang bisa Kita sampaikan mengenai enam kebakaran hutan terbesar dalam sejarah dunia dapat menambah wawasan bagi Kita semua, dan menjadikan Kita orang - orang dapat menjaga lingkungan baik itu lingkungan seperti hutan, lingkungan tempat tinggal dan lain - lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Kebakaran Hutan Terbesar dalam Sejarah Dunia"

Post a Comment