6 Seni Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia

Kita Bagi Informasi - Seni bela diri merupakan suatu seni yang digunakan untuk membela diri Kita ketika ada hal yang tidak di inginkan. jadi tidak ada kata menyerang duluan dalam seni ini karena memang digunakan untuk membela diri saja.

Banyaknya kasus kejahatan yang marak sekali terjadi baru - baru ini, seperti begal, pembunuhan, pemerkosaan dan masih banyak lagi kasus kejahatan lainya, sehingga mengharuskan kita untuk dapat membentengi diri Kita dengan bela diri.

Bela diri dalam setiap negara memiliki keunikannya tersendiri, di Indonesia pun demikian, banyak aliran dalam seni bela diri di Indonesia seperti, silat, tarung derajat, dan lain - lain. Bela diri di Indonesia sudah lama ada dan sampai sekarang diteruskan turun temurun oleh anak cucu penciptanya, berikut daftar seni bela diri asal Indonesia yang mendunia :


1. Silat


Silat telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, organisasi silat saat ini yaitu Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa di singkat PERSILAT, terdapat 33 organisasi pencak silat di seluruh dunia. Silat juga masuk dalam cabang olahraga resmi yang dipertandingkan pada ajang olaharaga Asia atau SEA GAMES.

2. Tarung Derajat


Tarung Derajat diciptakan oleh Achmad Dradjat yang dikembangkan dari pengalaman pribadinya dari setiap pertarungan di jalanan pada tahun 1960 di Bandung, Tarung derajat secara resmi di akui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai pelatihan dasar TNI, tarung derajat juga masuk dalam acara olaharaga seperti PON atau SEA GAMES.

3. Merpati Putih


Merpati Putih disingkat MP merupakan salah satu organisasi seni bela diri yang menggunakan tangan kosong. berdiri sejak tahun 1550 - an dan sekarang banyak dilesatarikan di daerah Jawa. Saat ini MP tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia di singkat IPSI.

4. Silek Minangkabau


Silek minangkabau merupakan suatu seni bela diri yang dimiliki oleh masyarakat minangkabau, Provinsi Sumatra Barat, masyarakat Minangkabau memang mempunyai tradisi merantau saat usia mereka sudah cukup umur, dalam merantau tentu diperlukan suatu bekal agar Kita dapat membentengi diri Kita sendiri.

5. Bakti Negara


Bakti negara merupakan salah satu aliran pencak silat Indonesia yang berada di Bali, Bakti Negara mulai ada sejak tanggal 31 Januari 1955 di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali oleh pendekar mantan pejuang kemerdekaan Indonesia. Bakti Negara berpedoman teguh pada ajara hindu dharma masyarakat  Bali Tri Hita Karana.

6. Cimande


Cimande merupakan salah satu pencak silat di diciptakan oleh Kyai Mbah Kahir, yang merupakan seorang pendekar pencak silat yang kala itu sangat disegani, Cimande didirikan sejak tahun 1760-an atau di pertengahan abad ke XVIII.

Membentengi diri Kita dengan bela diri merupakan suatu hal yang penting untuk dipertimbangkan, karena dengan bela diri kita dapat melawan kejatahan yang akan menyerang diri kita. Mungkin itu saja yang bisa Kita sampaikan semoga informasi mengenai enam seni bela diri asal indonesia yang mendunia ini dapat bermanfaat bagi Kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Seni Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia"

Post a Comment