6 Banjir Paling Parah Di Dunia

Kita Bagi Informasi - Banjir merupakan suatu bencana yang terjadi karena aliran air pada sungai atau air laut yang melebihi kapasitas, sehingga air sungai atau air laut meluap sementara ke daratan.

Banjir kerap terjadi saat hujan turun dengan intensitas tinggi, ditahun ini saja tercatat puluhan bahkan ratusan daerah terkena dampak banjir, baik itu banjir karena luapan air sungai maupun banjir bandang.

Banyak dari Kita mengartikan penyebab banjir terjadi dikarenakan intensitas hujan yang tinggi, padahal banjir terjadi bisa juga dikarenakan kelalain manusia terhadap alam, seperti membuang sampah sembarangan, memotong habis pohon - pohon, dan lain - lain. Banjir memberi dampak yang cukup parah yang mengakibatkan aktivitas Kita sehari - hari pun terganggu. Ada beberapa banjir yang dampaknya paling parah di Dunia, berikut ulasannya :


1. Banjir Sungai Huai, Cina


Banjir bandang pernah terjadi di Cina, pada tahun 1931 tepatnya daerah dekat aliran sungai Huai terjadi bencana banjir yang paling parah, tercatat jutaan orang meninggal karena terseret banjir maupun karena penyakit yang datang pasca banjir bandang tersebut.

2. Banjir St. Felix, Belanda


Pada tanggal 5 november 1530, terjadi banjir yang paling parah kala itu, terlihat dari delapan desa yang hanyut tersapu banjir, lebih dari 120.000 ribu orang tewas dengan total kerugian mencapai $100 juta. Pasca banjir daerah yang terendam menjadi daerah rawa.

3. Banjir Delta Sungai Merah, Vietnam


Pada tanggal 1  Agustus 1971 terjadi banjir yang sangat parah, banjir tersebut terjadi saat perang melanda vietnam, sebelum banjir dikabarkan curah hujan di Hanoi tinggi dan terus menerus, sehingga mengakibatkan sungai tidak bisa menampung kapasitas air yang melebih batas, tercatat lebih dari 100.000 ribu orang tewas akibat bencana ini.


4. Banjir Badai Tropis Parah Washi, Filipina


Pada tahun 2011 terjadi bencana banjir di Filipina yang disebabkan karena badai tropis parah washi, tercatat 1.268 korban kehilangan nyawanya.

5. Banjir Bangladesh


Pada bulan september 1998 terjadi bencana banjir di Bangladesh, tercatat 1.000 orang meninggal 30 juta orang menjadi tunawisma, 300 rumah pun ikut terendam oleh banjir ini, banjir ini disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, mencairnya salju di pegunungan himalaya dan penebangan hutan.

6. Banjir Hujan Monsun, India


Pada bulan september tahun 2014 terjadi bencana banjir di India, tercatat 236 orang meninggal, banjir ini disebabkan oleh hujan monsun, dimana merupakan banjir terparah selama 50 tahun terakhir, banyak daerah yang tenggelam dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

 Banjir yang terjadi akhir - akhir ini, seharusnya dapat menyadarkan Kita begitu pentingnya menjaga lingkungan, mungkin itu saja yang bisa Kita sampaikan semoga informasi mengenai enam banjir paling parah di Dunia, dapat bermanfaat bagi Kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Banjir Paling Parah Di Dunia"

Post a Comment