6 Fakta Tentang Batik

Kita Bagi Informasi - Budaya merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun, budaya yang diwariskan seperti makanan, minuman, pakaian, rumah adat tradisional, senjata dan lain - lain.

Indonesia adalah Negara yang mempunyai banyak budaya, dimana setiap daerah mempunyai budaya mereka sendiri, seperti pakaian batik, disetiap daerah batik mempunyai keunikannya tersendiri yang dapat dibedakan dari segi warna, bahan, motif dan lain - lain.

Batik merupakan suatu budaya yang harus Kita lestarikan dan juga lindungan, karena pakaian batik hanya dapat ditemukan di Indonesia, tentu saja Kita sebagai generasi penerus harus mampu menjaganya dan dapat mengenalkanya kepada Dunia, dari batik tersebut ternyata ada beberapa fakta tentang batik yang harus Anda ketahui, berikut ulasannya :


1. Asal Mula Nama Batik


Kata Batik terdiri dari dua gabungan kata yang berasal dari bahasa Jawa, dua kata tersebut adalah amba dan titik, amba bermakna menulis dan titik bermakna titik, jadi batik adalah menulis titik.

2. Teknik Penulisan Batik


Batik adalah salah satu cara untuk membuat motif pada suatu kain. Teknik pembuatan batik mengacu pada teknik perwarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Ternyata dalam 10 proses dari 11 proses pembuatan batik selalu diawali dengan huruf N, dimulai seperti Nyungging, Njaplak, Nglowong dan lain - lain.

3. Kala Itu Membatik Menjadi Mata Pencaharian Setiap Wanita


Batik merupakan salah satu seni kerajinan tangan yang memiliki nilai tinggi, dan merupakan warisan dari para leluhur sebagai budaya yang hanya ada di Indonesia. Pada Jaman dahulu membantik menjadi mata pencaharian bagi setiap wanita, sampai ditemukannya Batik Cap yang memungkinkan para lelaki untuk ikut menjadi pengrajin Batik.

4. Batik Pertama Kali Diperkenalkan


Presiden Soeharto memakai batik saat konferensi PBB kala itu, sehingga membuat Batik menjadi dikenal oleh Dunia.

5.  Pengakuan Pihak Asing yang Mengklaim Batik


Batik memiliki potensi yang sangat besar, sehingga banyak negara - negara luar yang mengklaim bahwa batik adalah warisan budaya mereka. 

6. Batik Sebagai Warisan Budaya


Setelah pertama kali dikenalkan kepada Dunia oleh Presiden Soeharto dan terjadi pengakuan pihak asing tentang batik, pihak Unesco kemudian membuktikan apakah benar batik berasal dari Indonesia, membutuhkan waktu yang cukup lama Batik agar dapat diakui dan ditetapkan oleh UNESCO, sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi dalam bahasa inggris adalah Masterpieces of The Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Untuk mengingatkan Kita bahwa Batik adalah budaya yang harus Kita jaga sebagai Anak bangsa, kemudian pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik Nasional. Mungkin itu saja yang bisa Kita sampaikan semoga informasi mengenai enam fakta tentang batik ini dapat bermanfaat bagi Kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Fakta Tentang Batik "

Post a Comment