6 Ragam Sate Nusantara

Kita Bagi Informasi - Sate merupakan makanan khas yang hanya ada di Indonesia, sate umumnya terbuat dari daging ayam, sapi, kambing, dan daging lainya, daging - daging tersebut kemudian dibuat kotak - kotak dan ditusuk menggunakan stik kayu, jeruji besi dan lain - lain.

Cara pembuatan sate umumnya relatif sama yaitu dibakar menggunakan arang sampai sate tersebut matang, kemudian dibumbui kecap dan bumbu - bumbu penyedap lainya. Indonesia merupakan Negara dengan banyak kebudayaan, oleh sebab itu banyak makanan seperti sate di Indonesia yang beragam, berikut ulasannya :


1. Sate Madura


Sesuai namanya sate ini berasal dari Pulau Madura, sate tersebut dibuat menggunakan daging ayam atau daging kambing sebagai bahan utamanya. Sate Madura dipanggang menggunakan arang dari batok kelapa kemudian sate diberi bumbu kacang, potongan tomat dan mentimun untuk menambah kenikmatannya.

Uniknya, sate Madura mungkin sekarang ini banyak dijumpai di kota - kota daerah provinsi Jawa, namun di daerah asalnya sate Madura justru tidak banyak dijumpai.

2. Sate Jogja (Sate Klatak)


Sate Jogja atau sering disebut sate Klatak karena pada proses pembakarannya daging berbunyi klatak - klatak, hal itu disebabkan daging yang ditaburi garam sehingga ketika sate dibakar mengeluarkan bunyi yang unik. Sate klatak jogja disajikan dengan irisan mentimun, tomat dan kol. Tusukan sate juga sangat unik menggunakan jeruji besi sehingga daging sate bisa matang sempurna sampai dalam.

3. Sate Tegal


Sate Tegal menggunakan daging domba muda dan kambing sebagai bahan utamanya, daging tersebut kemudian dipotong dalam bentuk dadu, kemudian dipadukan dengan potongan lemak, hati, ginjal, lotong atau nasi serta minuman teh poci. Sate Tegal dapat dibedakan dengan sate di daerah lainya, sate tersebut menggunakan potongan daging yang cukup besar dan daging yang empuk.

4. Sate padang


Terdapat tiga jenis sate padang, yang dibedakan menurut daerah Sumatra yaitu sate Padang, sate Padang Panjang, dan sate Padang Pariaman. Seperti umumnya masakan padang yang pedas - pedas, sate ini pun demikian, rasanya yang pedas dicampur dengan kuah kacang yang kental. 

Sate Padang menggunakan daging sapi, kambing, domba dan lain - lain, atau bisa juga menggunakan lidah sapi. Sate Padang Pariaman memiliki bumbu yang warnanya lebih merah sedangkan sate Padang Panjang memiliki warna bumbu yang kuning.

5. Sate Ponorogo


Sate Ponorogo berasal dari daerah Ponorogo Jawa Timur. bahan utama dari sate ini menggunakan daging ayam. yang dipotong memanjang berbeda dengan sate kebanyakan yang dipotong berbentuk dadu. Sate ini juga dipadukan dengan sate usus, kulit, dan telur ayam muda yang dibacem sehingga membuat rasanya lebih maknyos.

6. Sate Maranggi


Sate Maranggi adalah sate yang populer didaerah Cianjur dan Purwakarta, Jawa barat. sate ini menggunakan daging sapi dan daging kambing sebagai bahan utamanya, bumbunya menggunakan kecap yang dipadukan campuran sambal cabai hijau dan cuka dari tebu sehingga rasanya pedas dan memanjakan lidah.


Mungkin itu saja yang bisa Kita sampaikan, karena keburu ngiler, semoga informasi mengenai enam ragam sate nusantara dapat bermanfaat bagi Kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Ragam Sate Nusantara"

Post a Comment