6 Hal Buruk yang Akan Terjadi Saat Kurang Tidur

Kita Bagi Informasi - Hampir semua orang sulit untuk menutup mata saat waktu tidur saat ini, baik tidur saat larut malam maupun tidak tidur sama sekali, hal ini terjadi karena beberapa alasan, seperti pekerjaan, kebiasaan, dan lain-lain. Efek buruk dari kurangnya tidur membuat tubuh Kita kelelahan, lemas, namun gejala ini masih jauh dari kata efek terburuk dari kurang tidur.

American Randy Gardner tidak percaya bahwa tidur diperlukan oleh setiap manusia bahkan mahkluk hidup, oleh karena itu dirinya melakukan sebuah eksperimen dengan tidak tidur selama 11 hari tanpa menggunakan obat-obatan, baik itu alkohol, ataupun obat-obatan yang dapat membuat susah tidur. Setelah 11 hari 24 menit akhirnya dia harus menyerah, karena mengalami paranoia, halusinasi dan banyak efek buruk lainya bagi tubuh.

Mungkin Anda belum yakin bahwa tidur terlalu larut dapat membuat efek yang sangat buruk bagi tubuh Anda, maka dari itu Kita akan membahas enam hal buruk yang akan terjadi saat Anda kurang tidur, tentu hal ini sangat bermanfaat mengingat zaman sekarang orang-orang kesulitan tidur, berikut ulasannya :


6. Kecelakaan Mobil/Motor


Kekurangan tidur dapat menyebabkan kecelakaan saat Anda berkendara, baik itu berkendara dengan motor ataupun mobil, Suatu penelitian telah menunjukkan bahwa pengemudi yang kekurangan tidur dapat menyebabkan risiko kecelakaan yang besar dibanding dengan pengemudi yang cukup tidur. 

5. Otak Tidak Efisien


Kekurangan tidur mungkin dibutuhkan karena melakukan hal-hal tertentu, namun begitu kurang tidur tidak harus dilakukan setiap saat, kurang tidur dapat membuat otak Kita tidak efesien, dalam artian mungkin karena kelelahan otak Kita tidak bekerja secara maksimal. Berbanding terbalik dengan tidur saat siang hari, otak Anda akan menjadi efektif dan efesien. Otak atau tubuh Kita seperti halnya komputer perlu waktu istirahat agar daya kerja dapat dilakukan secara maksimal.

4. Menghancurkan Ingatan Jangka Pendek


Memori atau ingatan aktif yang ada di otak Anda, dengan rentang waktu yang pendek, tidak akan bisa diingat kembali jika Anda kurang tidur. 


3. Ingatan Jangka Panjang Menghilang


Ingatan jangka panjang pada otak Kita lambat laun akan menghilang karena kekurangan tidur. Kurang tidur sangat buruk bagi proses menyimpanan kenangan pada otak Kita, sehingga Kita akan lebih sulit untuk belajar keterampilan baru. 

2. Tidak Dapat Memperhatikan Sekitar


Jangan meremehkan orang biasa, manusia dalam keadaan sangat baik dapat memperhatikan sekeliling dan waspada terhadap lingkungannya. Kita dapat merasakan atau mendengar gerakan terkecil sekalipun. Kurangnya tidur dapat membuat kemampuan seperti ini menjadi tidak optimal. 

1. Mania


Efek buruk terakhir dari kurang tidur adalah mania (kegilaan). Pada awalnya mungkin tampak seperti Anda hanya mengalahkan kebutuhan untuk tidur. Gejalanya seperti psikosis, paranoia, halusinasi, agresi dan sebagainya. 

Jadi tidur yang cukup sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh maupun otak Kita, tentu hal ini harus dilakukan dan hindari kurang tidur dengan alasan-alasan yang tidak produktif, mungkin itu saja yang bisa Kita sampaikan semoga informasi mengenai enam hal buruk yang akan terjadi saat kurang tidur, dapat bermanfaat bagi Kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Hal Buruk yang Akan Terjadi Saat Kurang Tidur"

Post a Comment