7 Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes

Kita Bagi Informasi - Diabetes adalah salah satu penyakit kronis terbesar di seluruh Dunia. Gaya hidup yang modern, membuat Kita lebih ketergantungan terhadap makanan yang tidak sehat, kerentanan genetik, obesitas dan kurang berolahraga merupakan penyebab utama munculnya penyakit Diabetes.

Salah satu hal utama bagi pasien Diabetes adalah kakinya yang sangat beresiko, karena diabetes dapat membahayakan saraf dan suplai darah ke kaki. Perawatan kaki bagi pasien Diabetes sangat penting karena hilangnya sirkulasi darah ke kaki akan membuat kaki menjadi mati rasa.

Diabetes juga meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, kerusakan mata, ulkus kaki dan penyakit ginjal. Ada beberapa jenis komplikasi kaki Diabetik yang mungkin saja terjadi, seperti perubahan kulit, neuropati, kapalan, ulkus kaki, amputasi dan lain-lain. Oleh karena itu, perawatan kaki bagi pasien yang menderita Diabetes sangat penting. Berikut ulasan mengenai tujuh perawatan kaki bagi penderita Diabetes :


1. Pemeriksa Kaki


Sebelum tidur, periksalah kaki Anda dan periksa dengan baik, apakah ada tanda-tanda luka, lecet, atau luka kecil lainya. Jika ada Anda harus segera mengunjungi dokter.

2. Bersihkan Kaki Secara Rutin


Infeksi kaki dapat diatasi dengan mencuci kaki secara rutin. Bagi para penderita Diabetes mencuci kaki sangatlah penting untuk dilakukan.

3. Hati-hati Memilih Sepatu


Pilihlah kaus kaki yang longgar dan sepatu yang nyaman. Hindari memakai sepatu yang ketat karena akan meningkatkan luka dan lecet pada kaki. Sepatu harus mengurangi tekanaan pada kaki.

4. Lakukan Check-Up


Diabetes mengakibatkan kerusakan pada saraf kaki dan mengurangi kemampuan penderita merasakan sakit, sehingga menyebabkan mati rasa pada kaki. Diabetes dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Regular Chek-up diperlukan untuk mencegah bahaya yang lebih serius dari penyakit Diabetes ini.

Baca juga : Turunkan Berat Badan dengan Tujuh Makanan Ini

5. Gunakan Pelembab Kulit


Menggunakan pelembab yang kaya akan antioksidan dan Vitamin E membantu mengurangi produksi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit pada kaki.

6. Berjalan Kaki Setiap Hari


Otot-otot kaki membutuhkan latihan sehari-hari untuk tetap aktif dalam waktu yang lebih lama. Biasakan berjalan kaki yang sangat bermanfaat dalam menjaga ligamen dan tendon fleksibel dan juga memperkuat otot-otot kaki.

7. Konsumsi Vitamin B Kompleks


Kekurangan vitamin B12 dapat membuat masalah diabetes menjadi lebih serius yang mengakibatkan kehilangan ingatan dan anemia. Vitamin B kompleks juga berperan penting dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan saraf. Mengkonsumsi suplemen vitamin dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kaki menjadi lancar.

Mungkin itu saja yang bisa Kita sampaikan semoga informasi megenai tujuh perawatan kaki bagi para penderita Diabates, dapat bermanfaat bagi Kita semua.

Sumber : http://www.boldsky.com/health/diabetes/2017/best-foot-care-methods-for-diabetic-patients/7-vitamin-b-complex-can-help-pf143948-110105.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes"

Post a Comment