Bishop Rock, Pulau Terkecil di Dunia

Kita Bagi Informasi - Pulau adalah sebidang tanah yang lebih besar dari karang dan lebih kecil dari benua, pulau tersebut dikelilingi oleh air laut dan memiliki panjang dan lebar yang berbeda-beda, gabungan pulau disebut dengan kepulauan.

Bishop Rock adalah nama sebuah pulau yang terletak di 4 km sebelah barat kepulauan Scilly di Conrwall, Inggris. Pulau ini memiliki panjang 46 meter dan lebar 16 meter yang menonjol keluar dari dalam laut.

Bishop Rock tercatat oleh Guinness Book of Record sebagai pulau terkecil di Dunia. dengan sebuah bangunan mercusuar di atasnya. Jika dilihat dari kejauhan mungkin yang akan terlihat hanya mercuasuarnya saja.


James Walker merupakan seorang insinyur dari trinity hous, awalnya James menentang pembangunan sebuah menara di pulau Bishop, karena dirinya beranggapan bahwa Bishop Rock terlalu kecil jika dibangun sebuah menara.

James Walker beranggapan bahwa menara tersebut tidak akan cukup kuat untuk menahan tekanan angin yang besar dari laut. Akan tetapi pada tahun 1847 terdapat keputusan bahwasannya akan didirikan sebuah mercusuar yang menghabiskan biaya sampai dengan 12.000 Euro.

Dengan tempo waktu dua tahun akhirnya struktur bangunan diselesaikan, dan hanya tinggal memberikan pencahayaan. Namun naas sebelum semuanya rampung diselesaikan, pada malam hari tanggal 5 februari tahun 1850 angin topan menyapu bersih dan meluluhlantakan struktur bangunan mercusuar tersebut.

Baca juga : Enam Bangunan Dunia yang Menjadi Inspirasi Pembuat Film Disney

Setelah meluluhlantakan stuktur bangunan tersebut akhirnya James Walker memiliki ide lain untuk membangun sebuah menara granit, Pekerjaan tersebut di klaim merupakan pekerjaan yang berat karena pulau yang kecil ini sering diterpa angin laut yang memiliki tekanan besar.

Granit itu dibawa dari daratan ke pulau dimana granit-granit itu dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi sebuah batu, sebelum dikirim ke pulau Bishop. Setelah 7 tahun lamanya pekerjaan tersebut dikerjakan, akhirnya menara ini selesai dibangun pada tahun 1858 yang terdiri dari 10 laintai :

Lantai pertama di tempatkan tangki air
Lantai ke dua tempat masuk
Lantai ke tiga tempat penyimpanan
Lantai ke empat ruang minyak 1
Lantai ke lima ruang minyak 2
Lantai ke enam ruang keluarga
Lantai ke tujuh kamar tidur
Lantai ke delapan tempat penyimpanan 
Lantai ke sembilan ruangan service
Lantai ke sepuluh lampu


Pada masa lalu mercusuar ini hanya bergantung pada lampu uap untuk penerangannya, bahkan sebelumnya hanya menggunakan lilin. Pada tahun 1976 ditempatkan generator dan baterai juga helipad. Kemudian pada tahun 1991 mercusuar ini sudah beroperasi secara otomatis.

Mungkin itu saja yang bisa Kita sampaikan semoga informasi mengenai Bishop Rock, pulau terkecil di dunia ini, dapat bermanfaat bagi Kita semua.

Sumber : http://ragammaya.blogspot.co.id/2014/02/inilah-pulau-terkecil-di-dunia.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bishop Rock, Pulau Terkecil di Dunia"

Post a Comment